Monday, December 21, 2015

Trip Pahawang Island with Banten Adventure Part.1

Hey Hoooo semuaa...
Ciyee yang masih bingung cari catering...uhuk, daripada pusing, gue ajak nge-trip dulu nih, melihat keindahan bawah laut Indonesia. yuk!

Tanggal 18-20 Desember kemarin, gue ikut open trip ke Pulau Pahawang dari Banten Adventure (CP Mamduh : 085960536009) yang mau nanya-nanya silahkan japri aja tuh doski.

Kita berangkat ber-12 dari kampung rambutan menuju Merak. Yang awalnya janjian hari Jumat tgl 18 Desember jam 20.00 di rambutan, molor karena tunggu-tungguan, bis kita baru jalan sekitar jam 20.30. Sumpah gue baru pertama kali ke Merak, ternyata lama banget perjalanannya, macet dan bis nya keluar-keluar tol terus buat nurunin penumpang dan narik penumpang.

Sampai di Pelabuhan Merak sekitar pukul 01.20 (total perjalanan Rambutan-Merak 3 jam 50 menit), dan naik kapal sekitar pukul 01.00. Gue gak liat nama kapal ini, kapalnya gak terlalu besar, update vip di dalem juga gak bagus-bagus amat. Cuma sofa yang masih keras, tipi yang nyetel dvd final destination hahaha, AC sih, terus ada beberapa lesehan yang di gelarin tiker dan di kasih bantal, dan ada pula segelintir kasur yang di gelar disitu. Beberapa temen gue dapet lesehan tiker, jadi bisa nyelonjor. Gue dan si Dundut pasrah di sofa keras nan tegak.

Tiba di Pelabuhan Bakaheuni sekitar pukul 04.30, buru-buru sholat subuh dulu di Pelabuhan, terus lanjut naik APV ke dermaga Ketapang. Karena kita ber-12, ber-13 ditambah tour leader (Mamduh), jadi ada 2 APV. Gilak pokoknya gilak!! Supir Lampung OMG banget nyetirnya. Bener-bener nyerahin nyawa banget hahaha. Gue saranin mendingan pada tidur daripada menatap jalanan. Lama juga perjalanan dari Bakaheuni ke Ketapang.

Setelah uji nyali di APV, akhirnya sampai juga di dermaga Ketapang, kira-kira pukul 7.45 hari Sabtu, 19 Desember. Sebelum berlayar, kita sarapan dulu di salah satu warung makan deket dermaga yang menyediakan nasi uduk. Makannya express soalnya Mamduh berkali-kali ingetin kita untuk gerak cepat, karena udah kesiangan. Seharusnya jam 08.00 kita udah berlayar, tapi molor setengah jam-an deh ini. Setelah ganti baju renang di kamar mandi umum yang ada, siap lah kita untuk mengarungi teluk.
 Shif - shifan jagain barang buat ganti baju, itu penampakan APV kita

Briefing sebelum berlayar, ealaah malah pada sadar kamera

Berlayar kita kali ini, gak langsung ke homestay, waktu yang ada langsung di pergunakan untuk snorkling. Aaah kalo liat laut, terus bening-bening gitu airnya emang gak bakalan tahan untuk nunda-nunda snorkling. Rasanya udah pengen nyebuuuurr aja.

Ini perahu yang senantiasa setia menemani perjalanan kita selama 2 hari

Pemandangan dari perahu, banyak perahu-perahu yang juga bawa rombongan mau snorkling

Udah lama gak berenang, gak snorkling, apalagi nyelem, gak bikin gue dan temen-temen yang lain ragu untuk nyebur. Justru kita antusias banget mau masuk laut. Sayang banget udah jauh-jauh ke sini gak liat terumbu karang, ikan-ikan, dan nemo yang lucu-lucu.

Ini spot snorkling pertama, ada semacam candi gitu yang bisa kita jadiin objek foto di bawah laut, terumbu karang di sekitarnya bagus-bangus banget, sayang gak ke foto

Ini Spot kedua snorkling, tulisannya "Wisata Pahawang Tea di Lampung". Ini juga jadi bahan objek foto sambil nyelem-nyelem cantik, di spot ini tetep terumbu karangnya cakep banget. Malah disini kita bisa liat budi daya terumbu karang gitu, ada pipa pipa paralon dan pot-pot yang isinya terumbu karang, banyaaaak banget, warna-warni dan cakep

Spot ketiga. Ini semacam gapura bertahtakan siger Lampung. Ini dalem, gue gak sanggup nyelem sampe sini. gagal foto lahuntuk spot yang ini. Ikan-ikan sama terumbu karangnya masih menggoda sih, gue sangat menikmati pemandangan yang indah itu.

Setelah spot ketiga, udah masuk jam makan siang aja tanpa terasa. Waktu cepet banget berlalu kalo lagi menikmati yang indah-indah. Kita pun di bawa ke pulau untuk menikmati pantai dan santap siang. Pulau ini ada resort nya, katanya sih punya orang Perancis. Pantainya bagus...keren, baru foto sebentar eh ujan. Jadilah makan bercampur air ujan hahaha kalo laper mah hajar aja ya.

Ini foto sebelum hujan turun, view nya aduhai banget laaah..bikin lupa sama hiruk pikuk kerjaan di kantor, lupa macet, lupa utang #eh? hahaha

Turunnya hujan membuat kita mengurungkan niat untuk kembali bersnorkling, airnya pasti pasang dan gelap, gak keliatan ikan-ikannya, ombaknya juga lumayan kenceng kalo hujan. Jadi kita putuskan untuk ke homestay dan bersih-bersih. Semoga hujan lekas berhenti dan kita bisa jalan lagi liat sunset.

Penampakan homestay dari depan.

Homestay kita ini ada di Pulau Pahawang Besar. Ini rumah warga yang di jadikan homestay, cukup lah untuk menampung kami ber-12 ini. Kamar mandinya cuma 1, tapi luas, bisa mandi rame-rame kalo gak malu. Kamarnya ada 2, di kamar yang depan kasurnya ada 2, cukup diisi sama 4 cewek, dan kamar yang belakang kasurnya 1 tapi luas, cukup untuk 3 cewek. Sisanya cowok-cowok di gelarin kasur dan karpet di depan tipi. Terasnya juga cukup luas kok buat kongkow makan BBQ sama main kartu.

Selesai bersih-bersih, hujan mulai reda. Sebelum jalan lagi, kita yang pada kelaperan pesen mi rebus di warung-warung kecil di depan homestay. Setelah itu kita lanjutkan perjalanan untuk liat sunset. Tepat pukul 16.00 kita berlayar lagi mengarungi laut yang indah ini. Awalnya kita mau liat sunset di Pulau apa gitu deh, lupa, tapi berhubung cuacanya mendung, pasti gak bakal keliatan sunsetnya, dari pada percuma, sunset gak dapet dan pemandangan pantaina biasa aja, jadilah kita di bawa ke Pulau Kelagian Lunik atau Kelagian Kecil.

Pulau ini tak berpenghuni sepertinya, cuma ada warung-warung kecil yang buka dan beberapa toilet umum aja. Pantes pantainya bersih banget. Pulaunya kecil sih sesuai namanya, tapi pemandangannya Ya Alloohh...Cakep banget. Lautnya yang biru, pasirnya yang putih, pohon-pohon hijau yang bikin adem. Bener-bener indah banget ciptaan Alloh.

Tuh penampakan selama di Kelagian Lunik. Cakeep bangeeet..indah lah. Mana pas sepi banget lagi, pas kita dateng, rombongan lain baru aja cus dari situ. Udah kayak pulau punya sendiri. Foto-foto ampe bosen disitu. Kira-kira pukul 17.30an kita siap-siap balik ke homestay, karena hari sudah mulai gelap. Dari perahu kita sudah bisa liat lampu-lampu menyala di pulau-pulau. Disini emang siang gak ada listrik, adanya malem jam6 sore sampe jam 6 pagi aja. Lagipula di homestay tuh susah sinyal, semua provider gak dapet, tapi kalo di pinggir pantainya atau di dermaga sih dapet sinyal.

Selesai perjalanan hari pertama ini. Sabtu, 19 Desember 2015 di tutup dengan makan malam, makan ikan BBQ, dan main UNO sampe kesel hahaha...