Monday, July 10, 2017

Suka Duka Jadi Eping (Eksklusif Pumping)

Lanjut postingan yang sebelumnya tentang ASI ya...

Yang belum baca postingan sebelumnya kenapa gue jadi Eping, silahkan di baca dulu disini.

Apa sih suka dukanya jadi Eping?
Kita bahas dari sukanya dulu ya...eem sebenernya sukanya cuma bisa nitip aja kalo pas kita lagi mau kemana gitu, kaya mau belanja bulanan, titipin dulu lah ke Ibu mertua, karena Ome susunya selalu ada untuk di minum pake botol. Sukanya yang lain lagi kayanya sih cuma lebih bebas aja kalau pergi gak mesti tutupan pake apron meyusui, tinggal pake botol, kelar.

Nah, setelah bahas suka, dukanya apa?
Kalau dukanya sih banyak hahaha. Lebih lelah iya. Setiap 2 jam sekali harus terjaga untuk pumping, gak peduli siang atau malam. Ini harus disiplin, supaya si ASI terus terproduksi dan semakin banyak. Ya bisa bayangkan deh malem-malem gimana tidurnya gue setiap 2 jam bangun. Fiuh...ya kadang ada sih yang kelewat-kelewat gak 2 jam hehehe. Kalau Mommy Mommy lain bisa ikutan tidur sewaktu menyusui langsung, gue?? megangin botol hahaha. Pinternya Ome, belum genap usia 3 bulan, dia sudah bisa pegang botol sendiri, botol 50 ml, lucu ya dia xixixi.

Belum lagi ribetnya kalau mesti bepegian. Mommy lain tinggal sodorin "nenen", kelar. Lha Eping? kudu wajib kemana-mana bawa breastpump, coolerbag, ice pack, kantong susu, botol susunya, thermos atau warmer. Aarrgh...banyak sekali yang mesti dibawa. Dan semua itu mesti di cuci sterilkan semua. Kebayang lah waktu yang dibutuhkan.

Intinya, menurut gue jauh lebih enak menyusui anak secara langsung dibanding Eping. Banyak lelahnya jadi Eping. Meskipun begitu, gue tetep semangat 45 untuk memompa, sampe-sampe gue harus sewa freezer, karena freezer kulkas rumah gak muat. Gue sewa freezer model freezer ice cream itu 110rb/bulan di Mum n Hun, dianter sampai rumah, tinggal pake. Selama 5 bulan ini  gue memompa, udah 2x harus buang ASIP tanggal terlama kira-kira stok selama 2 mingguan, supaya freezer tetep muat. Sekarang sepertinya akan membuang untuk ke-3x nya. Sedih banget pas pertama kali terima kenyataan harus buang ASIP, ya tapi mau gimana lagi. Gue akan berusaha lebih untuk tetap bisa memproduksi ASI meskipun Ome Eping. Semoga bisa sampai 2 tahun nanti, Aamiin.

Oiya, kalau ada yang tanya, kenapa pakai kantung ASI untuk penyimpanan, bukannya botol?
Awal-awal gue sempet pakai botol kaca UC 1000 itu. Lama kelamaan, kok jadi lebih boros untuk urusan tempat penyimpanannya, terus lagi kalau dibawa kerja, berat mesti bawa-bawa botol kaca. Jadilah gue beralih ke kantung ASI, lebih ringkes. Meskipun harus sekali buang, terus juga suka ada yang nempel-nempel di plastiknya, kaya lemaknya gitu. Yah tapi masih tetep lebih bagus ASI kan daripada sufornya hehehe

Sebenernya banyak banget teori tentang ASIP ini. Kebanyakan teori gue pun bingung, akhirnya ya se-keyakinannya gue aja lah. Yang penting ASIP nya masih enak, anaknya masih mau, tetep sehat, gak sakit. Itu aja.

Semangat Mommy Mommy keceeee....

1 comment:

  1. Ya ampuuun kejadiannya persis bgt sama nasib ku dan anak ku. persis plek plek an. jadi berasa gak sendirian :(

    ReplyDelete